Jumat, 13 November 2015

KISI-KISI SIM

 
KISI -KISI UJIAN TENGAH SEMESTER 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 
 
Nama   : NUR RIZQI PRATAMI
NIM    : 11140332
Kelas   : Jumat 09.50
1.      Jelaskan manfaat SIM dalam bidang pemasaran !
  • Mengetahui formasi tentang bentuk persaingan yang mungkin akan dihadapi. Misalnya, perkiraan tentang prilaku pesaing dalam memasarkan, mempromosikan dan menjual produknya.
  • Mengetahui Informasi tentang target gruops di masyarakat yang menjadi sasaran pemasaran, promosi, dan penjualan produk tertentu.
  • Mengetahui Informasi tentang kepuasan konsumen, apakah ada complain atau bahkan tuntutan apabila mereka tidak puas dan merasa di rugikan oleh produsen tertentu.
2.   Apa yang kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen? 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN : Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dlm suatu sistem ( terintegrasi ) dengan maksud memberikan informasi ( yang bersifat intern dan ekstern ) kepada manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan.
Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi karena sistem informasi berperan dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi. 
3.      Jelaskan sejaran SIM eksistensinya saat ini dan perkembangannya di masa depan !

Sejarah SIM : sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling berkait dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Ada sistem konseptual ada sistem fisik, ada sistem terbuka ada sistem tertutup, dan ada sistem alamiah ada sistem yang dibuat manusia. Informasi merupakan proses lebih lanjut dari data dan mempunyai arti bagi pengguna untuk pengambilan keputusan. Informasi merupakan sumber daya konseptual, sumber daya fisik : manusia, uang, material, dan mesin. Informasi dikategorikan : informasi startegis, informasi taktis dan infromasi teknis. 
 
Eksistensinya SIM sekarang : mampu membantu manusia dalam pencapaian tujuan secara teratur dan benar sesuai dengan langkah-langkah yang diharapkan.
 
Perkembangan SIM di masa depan : mungkin akan lebih bermanfaat lagi dalam membantu pencapaian tujuan manusia seiring berkembangnya teknologi sekarang.
4.      Apa keuntungan dan kerugian dari penggunaan SIM bagi sebuah perusahaan
       Keuntungan : 
  • Meningkatkan efisiensi operasional. Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya (low-cost leadership). Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry) dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar. Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah mengikat (lock in) konsumen dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai dengan mereka.
  • Memperkenalkan inovasi dalam bisnis. Misalnya penggunaan ATM (automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran(switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi ,maka mereka akan segan untuk menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.
  • Membangun sumber-sumber informasi strategis. Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users.
Kekurangan :
  • Pengorganisasian perusahaan yang kurang wajar
  • Kurangnya perencanaan yang memadai
  • Kurang personil yang handal
  • Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.
5.      Komponen apa saja yang diperlukan dalam SIM
Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional :
  • Sistem Administrasi dan Operasional
    Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
  • Sistem Pelaporan Manajemen
    Sistem ini merupaka sistem yang memiliki fungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan laporan yang bersifat periodik kepada para pengambil keputusan,sehingga para pengambil keputusan memiliki bahan-bahan atau informasi-informasi yang di perlukan untuk mengambil keputusan dengan benar. 
  • Sistem Database
    Database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.  
  • Sistem Pencarian
    Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
  • Manajemen Data
    Manajemen Data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa data:
    1.  Data Akurat
    2.  Up to Date (Mutakhir)
    3.  Aman
    4.  Tersedia bagi pemakai (user)
    Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.
    Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik : 
  • Perangkat keras:
    Perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
    Hardware memiliki komponen pokok yaitu :
    o   Input
    o   Pemrosesan (CPU)
    o   Penyimpanan
    o   Output
  • Perangkat lunak
    Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.  
  • DataBase
    Database berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah. 
  • Prosedur pengoperasian
    Prosedur merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dlm bentuk fisik seperti buku panduan & instruksi. 
  • Personalia pengoperasian
    1. Operator
    2. Programmer
    3. Analisa sistem
    4. Personalia penyiapan data
    5. Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.
6.      Jelaskan bagaimana hubungan SIM dan fungsi manajemen!
Hubungan sesuai dengan sinergi yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpaddu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktifitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari semua sistem informasi,yaitu menerima data sebagai masukan, kemudian pemrosesannya dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsur-unsur data, pemuktahiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluaran. Serta fungsi manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas ataupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
7.      Mengapa SIA dikatakan bagian terbesar dari SIM !
Karena sistem informmasi akuntansi ini berada diberbagai bidang operasional manajemen organisasi, sehingga sistem informasi akuntansi dapat didefinisikan sebagai kumpulan-kumpulan sub sistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonisasi untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan untuk manajemen dalam proses pengambilan keputusan dibidang keuangan.
8.      Jelaskan manfaat SIM untuk suatu perusahaan  !
  • Meningkatkan efisiensi operasional : Investasi didalam teknologi system informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien sehingga perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya.
  • Memperkenalkan inovasi dalam bisnis : penggunaan atm dalam perbankan merupakan contoh baik dari inovasi teknologi system informasi,dengan adanya atm bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.
  • Membangun sumber-sumber informasi strategis : teknologi system informasi mendorong perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendukung strategis bersaing perusahaan untuk mendapatkan kesempatan dalam keuntungan strategis.
  • Mendukung pengambilan keputusan manajerial : untuk mempermudah manajemen dan menunjang proses pengambilan keputusan karena sistem informasi manajemen menyediakan informasi bagi manajemen perusahaan dimana sistem informasi tersebut dilakukan
9.      Kualitas suatu informasi dipengaruhi 3 hal : relevancy, accurancy, timeline. Jelaskan !
  • Relevancy : Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Pengukuran nilai relevansi, akan terlihat dari jawaban atas pertanyaan “how is the message used for problem solving (decision masking)?” Informasi akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya.
  • Accurancy : Sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak bias atau menyesatkan, bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap keakuratan sebuah informasi adalah: 
  1. Kelengkapan Informasi
  2. Kebenaran Informasi
  3. Keamanan Informasi
  • Timeline : How quickly is input transformed to correct output?” Bahwa informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar